Tingkatkan Kualitas layanan Museum, Disbudpar Optimalisasi Pemanfaatan Media

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan provinsi Sulsel terus berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan museum.

Salah satunya museum La Galigo yang terletak di Fort Rotterdam Makassar yang menjadi pusat pariwisata sejarah di Kota Makassar.

Hal itu disampaikan dalam seminar pengembangan museum dengan mengangkat tema optimalisasi pemamfaatan media dalam meningkatkan kualitas layanan museum yang melibatkan peserta dari kalangan millenial, Rabu 1 Desember 2021.

Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disbudpar Sulsel, Ernawati Asikin mengatakan pengembangan museum sangat penting di era globalisasi ini, pasalnya museum yang merupakan tempat penyimpanan koleksi sejarah yang digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan penelitian.

“Hal itu dapat mendukung eksistensi budaya dan sejarah bangsa jika kembali dikembangkan oleh para pelajar dan peneliti sejarahwan,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Prof Muhammad Jufri mengatakan, kaum millenial sangat berperan penting dalam optimalisasi pengembangan museum dengan mempelajari dan mempromosikan musuem melalui media informasi digital dapat mengedukasi sejumlah pihak yang ingin tau tentang sejarah dan museum yang ada di Sulawesi Selatan.

“Di era globalisasi sangat penting kembali membangkitkan peran sejarah melalui museum yang ada. Bahkan berpotensi besar menjadi sarana wisata untuk para wisatawan baik lokal, nasional hingga internasional,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan