Protes Bus Mamminasata, Sopir Pete-pete Bakal Demo di Perempatan Tallasa City-BTP dan Citra Sudiang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Asosiasi Angkutan Darat (Siganda) Sulsel bersama sopir Pete-pete bakal menggelar aksi damai, Senin (6/12/2021).

Ketua Siganda Sulsel Felixander Baan mengatakan, aksi kali ini merupakan langkah protes kehadiran Bus Mamminasata yang dinilai merugikan sopir Pete-pete.

Menurutnya, jalur yang dilewati Bus Mamminasata mengambil lahan dari sopir Pete-pete sehingga tidak ada lagi pemasukan bagi mereka.

Hal itu juga didasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 35 Tahun 2003 tentang penyelengaraaan angkutan orang di jalan dengan kendaraan umum tentang penetapan trayek.

Pihaknya juga meminta keadilan untuk sopir Pete-pete berdasarkan ke-5 Pancasila (Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) oleh karena itu pemerintah dalam hal ini Kemenhub, Dishub Provinsi Sul-Sel serta Dishub kota Makassar dapat berkeadilan yang seadil-adilnya dalam penetapan trayek bus mamminasata dengan trayek angkutan kota (pete-pete) yang sudah ada sejak dulu.

“Dengan adanya Bus Mamminasata yang telah beroperasi dalam masa trial and error (uji coba) dan sesuai kesepakatan koridor 2 yang ada maka kami akan mengawal kesepakatan yang ada dari oknum yang mencoba merusak kesepakatan yang telah dibangun dengan instansi terkait,”sebutnya.

Felix sapaannya mengatakan, berdasarkan fakta Trayek D (daya Sudiang) Pete-pete babak belur adanya dengan Trayek Bus Mamminasata baik dari utara (Koridor 2 dan Koridor 3) dan dari selatan kota Makassar (Koridor 1).

  • Bagikan