Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Khofifah Indar Parawansa Bilang Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12).

Khofifah mengutarakan proses sistem peringatan dini (early warning system) sudah berjalan dengan baik. Kemudian, pemantauan dari PVMBG di pos pemantauan Gunung Sawur dan koordinator penambang juga telah terkonfirmasi dengan baik.

“Bisa dilihat bahwa beberapa meter dari lokasi, sudah ada papan jalur evakuasi. Pada tataran, mitigasi dan early warning system relatif sudah berjalan. Namun, material yang dibawa pada guguran kali ini rupanya jauh lebih besar,” ujarnya.

Dia mengatakan guguran material vulkanik dari erupsi Gunung Semeru lebih besar dari yang diprediksi sebelumnya oleh masyarakat yang ada di sekitar lereng. Maka dari itu, dirinya meminta warga meningkatkan kewaspadaan.

“Jangan pernah meremehkan fenomena alam, termasuk di daerah lereng Gunung Semeru. Pada dasarnya, masyarakat sudah paham bagaimana budaya dan karakteristik wilayahnya,” paparnya.

Kecamatan Pronojiwo, kata Khofifah, disinyalir merupakan titik yang paling berdampak akibat peristiwa itu. Tim Orari pun selalu mengabarkan situasi kedaruratan terkini.

‚ÄúPenanganan bencana selain dari Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang juga Kabupaten Kota terdekat yang sudah bergotong royong,” ujar Khofifah. (jpnn/fajar)

  • Bagikan