Tinjau Rel Ganda KA Bogor-Sukabumi, Fauzi Titip Penyelesaian Kereta Api Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BOGOR — Komisi V DPR RI meninjau pembangunan jalur ganda (double track) kereta api Bogor-Sukabumi. Jalur ganda Bogor-Sukabumi sepanjang 57 km merupakan proyek strategis nasional untuk memperlancar arus penumpang dan barang dari Bogor-Sukabumi.

Bila jalur ganda ini sudah selesai maka diperkirakan dalam 1 hari dilintasi 12 kereta api yang kurang lebih mengangkut 5.688 orang/hari. Sebelum rel ganda hanya 6 kereta setiap harinya dengan jumlah angkutan penumpang 2844 orang/hari.

“Ini juga akan berdampak pada biaya distribusi barang yang semakin murah dan mengurangi kepadatan transportasi penumpang,” kata Anggota Komisi V DPR, Muhammad Fauzi.

Salah satu hal yang menurutnya perlu diperhitungkan dengan cermat dan baik adalah tingkat kemacetan lalu lintas di depan stasiun yg dibangun nantinya.

“Contohnya stasiun Batu Tulis, jangan sampai menjadi titik macet yang baru. Hal lain adalah pemberdayaan UMK di stasiun untuk membantu ekonomi warga,” terangnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Dalam kesempatan itu, Anggota DPR Dapil Sulsel III Muhammad Fauzi kembali meminta komitmen Kemenhub menyelesaikan berbagai proyek kereta api.

“Sebagai perwakilan dari Timur Indonesia, saya juga meminta kepada Kemenhub untuk memperhatikan proyek Kereta Api di luar Jawa. Misalnya di Sulsel agar bisa diselesaikan secepatnya,” kata Suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani itu.

  • Bagikan