Menteri PPPA Harap Randy Bagus Diproses Hukum Sesuai UU yang Berlaku

  • Bagikan

FAJAR.Co.ID, JAKARTA — Menteri Bintang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyampaikan ungkapan duka mendalam atas kasus yang menimpa almarhumah Novia Widyasari, 23. Mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) itu bunuh diri akibat depresi setelah dipaksa melakukan aborsi oleh tersangka Randy yang merupakan kekasihnya.

“Kami menyatakan duka yang mendalam atas kasus yang menimpa almarhumah. Saya bisa membayangkan beban mental yang ditanggung oleh korban dan keluarganya. Sudah sepantasnya kita semua memberikan rasa empati yang besar pada korban dan keluarganya dan berpihak pada korban,” terang Bintang, Senin (6/12).

Selama ini, pihak KemenPPPA telah gencar menyuarakan dan menolak segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kasus Novia menyadarkan dan memicu semua pihak untuk lebih aktif melakukan pencegahan agar tidak timbul lagi korban.

Dirinya pun meminta kepada pihak berwajib, dalam hal ini Propam Polda Jatim untuk mengusut tuntas kematian korhan dan memproses pelaku Randy Bagus Hari Sasongko sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Kami mendukung langkah cepat dari Bapak Kapolri dan semua jajarannya khususnya terhadap Kepolisian Daerah Jawa Timur dan berharap agar kasus ini dapat diselesaikan sesuai hukum yang berlaku,” sambungnya.

Menurutnya, penghapusan kekerasan terhadap perempuan membutuhkan kerja bersama dan sinergi dari berbagai komponen masyarakat untuk bergerak secara serentak. Mulai dari pemerintah, maupun masyarakat secara umum termasuk aktivis HAM perempuan.

  • Bagikan