Gerindra Minta Pemerintah Tetapkan Erupsi Gunung Semeru Status Bencana Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG - Erupsi Gunung Semeru pada (4/12) menjadi bencana yang dahsyat bagi warga Lumajang. Tercatat, sudah ada 28 korban tewas karena terjangan awan panas guguran (APG).

Sehingga, muncul usulan untuk menetapkan status musibah erupsi Gunung Semeru menjadi bencana nasional. Hal itu diungkapkan oleh Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat meninjau lokasi terdampak dan menyalurkan bantuan kepada korban di Lumajang, Selasa (7/12).

“Saya berharap dan mendorong pemerintah pusat untuk membantu korban secara maksimal. Kalau bisa, ditetapkan status bencana nasional," kata dia.

Dia menjelaskan banyaknya korban dan kerugian materiel yang dialami warga terdampak seharusnya membuat pemerintah mengintensifkan penyaluran bantuan.

"Saya mengharapkan semua BUMN membantu korban bencana Gunung Semeru, mulai dari penyediaan ambulans dan kebutuhan lain," ucapnya.

Selain itu, dia berharap juga pemerintah mengupayakan pembangunan rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut. (jpnn/fajar)

  • Bagikan