Inovasi Laktasi Pacu PAD dengan Percepatan Penerbitan SPPT

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Pemkab Wajo tengah berinovasi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya, Layanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi (Laktasi).

Hal itu diutarakan oleh Camat Tempe, Supardi. Kata dia, program Laktasi ini merupakan inovasi guna meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Mempercepat penerbitan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

“Setiap transaksi melalui PPATS kecamatan tempe, maka secara bersamaan juga SPPT-nya akan diurus. Baik itu balik nama SPPT, pemecahan SPPT yang disesuaikan dengan harga tanah atau zona tanah yang di wilayah tersebut termasuk bangunannya,” ujar, Selasa, 6 Desember.

Bahkan pria sapa Supa membeberkan, inovasi ini telah ditandai penandatanganan kesepahaman antar Pemerintah Kecamatan dan Badan Pengelolah Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Wajo.

“Inovasi ini sebagai langkah kami meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Serta memacu PAD,” terangnya.

Kabid Pelayanan dan Pengelolaan PBB dan BPHTB BPKPD Wajo, Arsan W mengemukakan, penerapan Laktasi memberikan kemudahan. Seperti penagihan SPPT PBB bagi para kolektor, serta pembaharuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

“Target PBBP2 kita tahun ini Rp12.486.990.000. Adanya Laktasi bisa memacu PBB-P2, sehingga ini semua bisa menambah PAD Wajo,” nilainya. (man)

  • Bagikan