Persaingan Usaha Tinggi di Sektor Pertanian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tingkat persaingan usaha di Sulsel berkategori tinggi. Meliputi sektor pertanian, perdangan, penyedia akomodasi dan makan minum.

Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Makassar mencatat, indeks persaingan usaha di Sulsel mengalami kenaikan pada posisi 4,60 persen, dibandingkan tahun sebelumnya mengalami kontraksi.

“Secara umum persaingan usaha di Sulsel berkategori tinggi. Walaupun sempat mengalami kontraksi dari 4,72 persen tahun 2019 menjadi 4,59 tahun 2020. Tahun 2021 ini meningkat kembali jadi 4,60 persen dengan skala maksimal 7,” ujar Ketua KPPU Makassar, Hilman Pujana.

Lebih lanjut dikatakannya, indeks persaingan usaha tertinggi ditunjukkan sektor usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kemudian sektor perdagangan eceran dan besar, reparasi mobil dan sepeda motor.

Persaiangan tertinggi selanjutnya ada pada sektor usaha penyedia akomodasi makan dan minum.

Menurut Hilman, peningkatan indeks didorong oleh aspek kelembagaan, regulasi, dan penawaran. Dari sisi struktur, perilaku, dan kinerja atau biasa di sebut S-C-P, yang berkontribusi terhadap peningkatan indeks adalah struktur dan perilaku.

“Kenaikan indeks ini sekaligus menandakan bahwa kondisi persaingan usaha di Sulsel semakin baik,” jelasnya.

Kendati demikian, terdapat pula sektor usaha yang memperlihatkan indeks persaingan yang rendah. Catatan KPPU Makassar, sektor usaha tersebut meliputi pengadaan listrik dan gas, transportasi perdagangan, serta pertambangan dan penggalian.

  • Bagikan