PPKM Level 3 Batal Berlaku Nasional, Saleh Partaonan Daulay Bilang Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyindir pemerintah soal pembatalan Penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebab, kata Saleh, PPKM Level 3 periode Nataru belum berlaku. Namun, pemerintah sudah membatalkan kebijakan tersebut. “Kelihatan bahwa pemerintah belum melakukan kajian dari seluruh aspek sebelum menetapkan kebijakan tersebut (PPKM Level 3, red),” kata Saleh dalam keterangan persnya, Selasa (7/12).

Legislator Fraksi PAN itu menduga ada beberapa hal yang menyebabkan pemerintah merubah kebijakan tersebut.

Pertama, kata Saleh, adanya penolakan dari sebagian anggota masyarakat yang disampaikan melalui media sosial. “Tidak hanya menolak, masyarakat juga memberikan kritikan dan saran atas kebijakan tersebut,” ujar mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Kedua, lanjut Saleh, ada sebagian ahli dan akademisi yang memberikan pandangan dan menyatakan tidak setuju dengan PPKM Level 3 pada Nataru.”Pemerintah kelihatannya mendengarkan masukan ini. Terbukti, ada argumen yang disampaikan pemerintah yang didasarkan pada pandangan dan masukan para ahli tersebut,” tuturnya.

Ketiga, kata Bang Saleh, pemerintah ingin menjaga agar roda perekonomian di tingkat bawah tetap berjalan dengan baik. Tanpa PPKM Level 3, masyarakat tetap bisa bekerja seperti biasa. Hal itu menandakan perekonomian tetap stabil dan berjalan sebagaimana mestinya.

  • Bagikan