Sudah Setahun Nakes RSUD Pongtiku Tak Terima Upah Jasa Pelayanan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TORAJA UTARA — Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pongtiku Toraja Utara (Torut) meringis. Pasalnya hingga saat ini mereka belum terima jasa pelayanan selama setahun.

Salah seorang nakes RSUD Pongtiku mengatakan, dirinya sudah setahun lamanya belum menerima jasa pelayanan. Padahal, upah dari jasa pelayanan itu kata dia, sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup.

“Sejak November 2020 sampai sekarang akhir tahun 2021 kami belum terima,” katanya kepada FAJAR, Selasa, 7 Desember 2021.

Jasa pelayanan yang diterima nakes RSUD Pongtiku beragam. Sesuai dengan golongan dan kinerja mereka. Nakes tersebut mengungkapkan, nilai tertinggi yang diterima dari jasa pelayanan ini sebesar Rp1 juta.

Diketahui, nakes yang berstatus tenaga kontrak di RSUD Pongtiku berjumlah 77 orang, sementara nakes yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjumlah 66 orang. Dampaknya, beberapa nakes sudah ogah-ogahan untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

“Meskipun sedikit, tapi itu kan hak kami. Ini menunjang kesejahteraan kami (nakes) yang memberikan pelayanan utama,” ungkapnya.

Direktur RSUD Pongtiku Torut, dr Remen Tau’labi belum ingin menjelaskan penyebab pihaknya belum membayarkan jasa pelayanan kepada nakes. Menurutnya, persoalan tersebut masalah internal rumah sakit.

“Ini kan masalah dapurnya kami. Mereka belum paham kenapa terjadi seperti itu. Intinya jasa kami sementara dalam proses untuk kami bagikan ke semua pegawai rumah sakit,” singkatnya.(Rachmat Ariadi/Fajar)

  • Bagikan