Upaya Rawat Kebudayaan di Sulsel, Disbudpar Tekankan Pentingnya Museum

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Sulsel menggelar Workshop pengelolaan koleksi museum di Hotel Mercure, Selasa (7/12/2021).

Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disbudpar Sulsel, Ernawati Asikin, mengatakan, museum bukan hanya merupakan tempat kesenangan tetapi juga untuk kepentingan studi dan penelitian.

“Museum terbuka untuk umum dan kehadiran serta fungsi-fungsi Museum adalah untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat museum dalam kaitannya dengan warisan budaya adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan, dan pemanfaatan benda-benda titik museum bertugas mengadakan, melengkapi, dan mengembangkan tersedianya objek penelitian ilmiah Bagi siapapun membutuhkan,”katanya.

Menurutnya, pemeliharaan museum dan koleksi museum merupakan hal yang sangat penting karena koleksi merupakan penyelamat warisan sejarah alam dan sejarah budaya.

“Koleksi sebagai bahan penyebarluasan informasi mengenai kekayaan warisan sejarah alam dan sejarah budaya dengan melalui pameran museum bagi pemeran tetap maupun pameran temporer oleh karena itu memelihara koleksi peninggalan sejarah merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya dan sejarah Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Kata Erna sapaannya, program layanan dan edukasi ini ditujukan bagi masyarakat umum dan instansi terkait guna penyebarluasan informasi mengenai edukasi serta pengelolaan koleksi, seperti penyelenggaraan kegiatan workshop pengelolaan koleksi museum.

“Tujuan dari kegiatan workshop pengelolaan adalah peserta memiliki kemampuan dasar pengelolaan koleksi museum dan kedua peserta memahami pentingnya museum dalam suatu daerah,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan