Ahli Penyakit Menular Sebut Gejala Omicron Tidak Seburuk yang Ditakutkan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, NEW YORK — Munculnya varian Covid-19 Omicron menjadi kekhawatiran seluruh negara di dunia. Sejumlah negara melaporkan pasien yang terinfeksi varian Omicron menunjukkan gejala ringan. Karena itu, dengan membaca data awal, ahli penyakit menular AS, dr. Anthony Fauci, menjelaskan bahwa gejala Omicron tak seburuk yang ditakutkan.

Fauci mengatakan data awal tersebut dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sedang dihadapi saat para ahli meneliti varian Omicron. Dia menambahkan bahwa data awal cukup menggembirakan. Namun, Fauci memperingatkan bahwa lebih banyak informasi yang diperlukan untuk sepenuhnya memahami varian tersebut.

“Data awal tentang tingkat keparahan varian Omicron sedikit menggembirakan,” kata Fauci. “Tak seburuk yang ditakutkan di awal,” imbuhnya.

Hanya saja, Fauci mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak data untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang profil risiko Omicron. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian itu menjadi perhatian atau Variant Of Concern pada 26 November, memicu banyak larangan perjalanan internasional dan pembatasan.

“Jelas, di Afrika Selatan, Omicron memiliki transmisi yang menyebar,” kata Fauci kepada CNBC.

“Meski terlalu dini untuk membuat pernyataan pasti tentang hal itu, sejauh ini sepertinya tidak ada tingkat keparahan yang besar,” jelasnya.

Hanya saja, Fauci tetap mengingatkan kepada semua orang untuk benar-benar harus berhati-hati sebelum membuat keputusan. Menurutnya sejauh ini Omicron memang tidak menyebabkan penyakit parah. Dengan kata lain, Omicron tak separah Delta.

  • Bagikan