AS Boikot Olimpiade Musim Dingin, Tiongkok Layangkan Protes

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Pemerintah Tiongkok melayangkan protes keras kepada AS atas pemboikotan diplomatik Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) 2022 di Beijing.

“Sikap AS jelas melanggar prinsip netralitas politik yang tertuang dalam Piagam Olimpiade dan bertentangan dengan motto ‘Kebersamaan dalam Olimpiade’ serta berbeda dengan sikap para atlet dan suporter global,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Selasa (7/12).

Menurut Zhao, Winter Olympic bukan ajang adu kekuatan dan manipulasi karena sesuai aturan Olimpiade, para peserta diundang untuk menghormati Komite Olahraga Nasional di setiap negara.

Seperti diketahui, Pihak Gedung Putih pada Senin (6/12) mengumumkan bahwa pemerintahan AS di bawah Presiden Joe Biden tidak mengirimkan perwakilan diplomatik dan ofisial ke ajang Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing. Itu karena Tiongkok dianggap melakukan genosida, kejahatan kemanusiaan di Xinjiang, dan pelanggaran hak asasi manusia.

“Tidak peduli apakah politikus AS datang atau tidak dan ini tidak memengaruhi keberhasilan Olimpiade Beijing,” demikian unggahan juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok di AS Liu Pengyu di akun Twitter-nya.

Sebelumnya Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga menyampaikan pertimbangannya untuk memboikot Winter Olympic yang bakal digelar pada Februari itu.

Sejauh ini persiapan Winter Olympic sudah memasuki tahap akhir. Beberapa atlet asing, termasuk dari AS dan Jepang, siap tanding.

  • Bagikan