Di Balik Erupsi Gunung Semeru dan Banjir Akhir Tahun, Ada Hamba Allah yang Diampuni

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim) menelan korban jiwa. Saat ini, ada 30 lebih orang yang meninggal dan jumlahnya akan terus bertambah.

Selain itu, bencana banjir juga menerjang sejumlah wilayah di Makassar akibat hujan deras yang mengguyur selama tiga hari berturut-turut. 4.809 orang terpaksa mengungsi.

Di balik dua bencana itu, rupanya Allah sedang menguji hamba-hamba-Nya itu. Penceramah Buya Yahya, menyampaikan beberapa hal di balik bencana yang terjadi dan harus dihadapi dengan sabar.

“Kalau ditimpa musibah, sabar. Kalau ada seorang beriman lalu dia tertimpa musibah, baik itu kecil atau besar, ada tiga hal yang kita dapat,” kata Buya, di kanal YouTube Al Bahjah TV, dikutip Fajar.co.id, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, di setiap musibah yang menimpa setiap hamba-Nya, sebenarnya adalah cara Allah untuk mengampuni dosa hamba-Nya meski harus kehilangan harta bahkan keluarga.

“Sebab mengampunan dosa orang beriman ada tiga, yakni diampuni cuma-cuma. Kedua akan diampuni dengan (hamba) mohon ampun,” bebernya.

Dengan begitu, hamba Allah yang ditimpa musibah harus mengucapkan istighfar kepada Allah atas dosa yang ia lakukan selama ini.

“Ketiga akan ubah dalam bentuk hukuman. Ditimpakan musibah kepada hamba, karena Allah ingin mengampuni hambanya,” tandasnya.

Hingga kini, aparat terkait seperti TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan tim penyelamat setempat lainnya masih berupaya mengevakuasi para korban di dua bencana yang berbeda itu. (ishak/fajar)

  • Bagikan