Ditanya Soal Solusi Banjir, Danny Pomanto: Kita Harap Semua Rumah Dikasih 2 Lantai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banjir di Makassar Sulawesi Selatan kini menjadi salah satu perhatian publik.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bahkan telah mengakui banjir kali ini merupakan yang terbesar selama menjabat dua periode.

Ketika ditanya ihwal solusi jangka panjang untuk banjir yang menjadi langganan di Makassar, Danny menyebut masyarakat perlu beradaptasi.

“Solusi jangka panjang adalah kita harus melatih masyarakat untuk beradaptasi dan mitigasi ini. Misalnya di daerah banjir kita harapkan semua rumah itu dikasih dua lantai. Kalau sanggup,” katanya, Rabu, (8/12/2021).

Hal ini kata dia karena banjir merupakan bencana yang terjadi di seluruh dunia bukan hanya di Makassar.

Menurutnya, terjadinya banjir bukan karena drainase tidak mampu menampung curah hujan. Hanya saja, memang terjadi yang namanya cuaca ekstrim.

“Apalagi naiknya permukaan air laut kemarin besar sekali. Pulau-pulau hancur semua. Saya dapat laporan itu abrasinya luar biasa masuk ke pulau,” imbuhnya.

BMKG sendiri telah mengeluarkan imbauan untuk terus memonitor perkembangan cuaca, iklim, gelombang laut dan gempa bumi serta peringatan dini kondisi ekstrim.

“Memasuki periode Natal 2021 & Tahun Baru 2022, BMKG mengimbau kepada seluruh mitra K/L, pemerintah daerah dan stakeholder, serta masyarakat untuk terus memonitor perkembangan cuaca, iklim, dan gempa bumi, serta peringatan dini kondisi ekstrem,” tulis BMKG melalui akun twitternya, Rabu, (8/12/2021).

  • Bagikan