Guru SMK Se-Indonesia Pamer Inovasi di Makassar, Aplikasi Robot Gaming hingga Masker Rumput Laut

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Ragam inovasi dan karya teknologi maupun hasil olahan laut dari guri-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia, melalui Gebyar Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Inovasi dan karya ini di bawa langsung melalui Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK). Total ada 12 stand yang dipajang untuk di pamerkan. Di Claro, Selasa-Rabu, 07-08 Desember.

Beberapa diantaranya yang dipamerkan yakni aplikasi robot gaming. Aplikasi robot gaming ini tak sekedar game, tetapi bisa mengasah skill dan kemampuan konsentrasi yang memainkan gamenya.

Pelaksana Tugas, Kepala BPPMPV KPTK, Darwis Muin mengatakan, Gebyar KPTK bertujuan untuk mengasah dan memacu agar guru-guru SMK di seluruh Indonesia lebih kreatif.

Harapannya, setelah mengikuti kegiatan yang terdiri dari rangkaian pelatihan tersebut, guru-guru bisa menyampaikan hasil inovasi dan kreativitasnya kepada para siswa.

“Jadi target utama kita adalah guru-guru ini membuat sesuatu dari hasil kreativitas mereka kemudian nanti akan dipamerkan ke siswa agar bisa diadobsi membuat hal yang sama,” ucapnya.

Kata Darwis, siswa nanti diajarkan hal tersebut sehingga bisa mengadaptasi apa yang diajarkan. Lalu ketika tamat bisa menghadapi dunia di luar sekolah dan bisa memperbesar inovasinya.

Darwis, sebelum mengikuti Gebyar KPTK, peserta yang terdiri dari guru SMK itu mengikuti pelatihan dan tahapan seleksi. Mereka berasal dari 224 sekolah di setiap provinsi Indonesia.

  • Bagikan