Mardani Ali Sera Minta Deklarasi Capres dan Cawapres 2024 Dilakukan Jauh-jauh Hari, Ini Alasannya

  • Bagikan
Politikus PKS Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta deklarasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pipres 2024 dilakukan sejak dari jauh-jauh hari.

Hal ini dikatakan Mardani, lantaran kecenderungan partai-partai politik mendeklarasikan capres dan cawapresnya dilakukan jelang penutupan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya setuju (deklarasi capres-cawapres dari jauh-jauh hari-Red), parpol juga melakukan koalisi dan penjajakan jauh-jauh hari. Sehingga tidak membeli kucing dalam karung,” ujar Mardani kepada wartawan dikutip Rabu (8/12).

Mardani mengatakan elektabilitas tokoh-tokoh di sejumlah lembaga survei akan bisa berubah secara tiba-tiba. Hal ini karena Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat elektabilitas bisa berubah.

“Kondisi ke depan dengan pemilu rasa pandemi, rasa resesi dan rasa suksesi sangat volatile (turun naik), dan jadi ujian ketokohan,” katanya.

Namun kata Mardani, tokoh-tokoh yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat menjadi calon pemimpin akan tetap bersinar walaupun ada banyak saingannya.

“Jika leader akan tetap bersinar. Jika bukan leader akan hilang ditelan kebisingan tokoh lain,” ungkapnya.

Untuk diketahui, koalisi partai politik dan deklarasi pasangan capres-cawapres di Pemilu 2019, baik Prabowo Subianto-Sandiaga Uno maupun Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, baru dilakukan di menit-menit akhir jelang penutupan waktu pendaftaran di KPU. (jpg/fajar)

  • Bagikan