Musim Hujan Tiba, Perhatikan 7 Langkah Antisipasi Terjadinya Banjir

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Hujan merupakan salah satu rahmat. Turunnya hujan bisa menyuburkan tanaman, adanya air bersih dan lain sebagainya.

Namun, datangnya hujan juga sangat perlu untuk diwaspadai. Terlebih jika hujan lebat disertai dengan angin yang kencang, hal tersebut bisa berdampak banjir atau bencana alam lainnya.

Contohnya di beberapa daerah  akibat diguyur hujan deras selama berhari-hari, beberapa daerah sudah terdampak banjir yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan kerugian yang cukup besar.

Dengan kejadian seperti itu, Sangat perlu untuk melakukan beberapa antisipasi sebelum terjadi banjir.

Berikut ini 7 hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dikutip dari Tokopedia & Popmama, Yuk di simak :

  • Pindahkan benda elektronik ke tempat yang lebih tinggi

Jika kamu tinggal di wilayah yang sering dilanda banjir, sebaiknya kamu memindahkan benda-benda elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Selain dapat menyebabkan kerusakan, benda-benda elektronik  juga dapat mengalirkan listrik di dalam air akibat dampak dari banjir.

Selain itu, Perhatikan juga soket-soket listrik yang berada di dekat lantai, dan ketika banjir melanda kamu bisa mencabut atau mematikan daya listrik yang tertuju pada soket tersebut.

  • Amankan furnitur yang terbuat dari material kain

Mengamankan furnitur  yang terbuat dari material kain adalah hal yang penting. Pasalnya, furnitur yang terbuat dari kain, seperti sofa, akan sulit dikembalikan seperti sediakala jika sudah terendam banjir. Anda perlu mencucinya dengan sabun khusus agar sofa tidak berbau apek ataupun berjamur. Bahkan, jika terendam cukup parah, sofa perlu dibuang agar tidak menjadi sarang bakteri.

  • Bagikan