PPKM Level 3 Batal Dilaksanakan, Polri Tetap Gelar Operasi Lilin Saat Libur Nataru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Meski pemberlakuan PPKM Level 3 batal dilaksanakan, Polri tetap akan menggelar operasi lilin dalam rangka pengamanan Nataru 2021.

“Tetap akan digelar operasi lilin tahun 2021 dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada media, Rabu (8/12/2021).

Kendati demikian, kata Brigjen Rusdi, operasi lilin nanti akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah.

Dalam proses kegiatan pengamanan natal dan tahun baru dalam operasi lilin ini Polri akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah dimana penempatan atau penyesuaian disebutkan dari daerah masing-masing,” lanjutnya.

Jadi Polri akan mengikuti bagaimana kebijakan pemerintah di tiap-tiap daerah terkait pemberlakuan PPKM di Nataru nanti.

“Ini akan menjadikan panduan pengamanan natal dan tahun baru. Pemerintah sudah menjelaskan sesuai asesmen daerah masing-masing. Nanti bagaimana kebijakan di daerah tersebut tentu akan menjadi kebijakan polri dalam operasi lilin,” pungkasnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan itu diambil karena Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun.

Hal itu tercermin dari jumlah tes dan telusur yang lebih tinggi dari tahun lalu.

  • Bagikan