Target Tim SAR untuk Pencarian Korban Erupsi Gunung Semeru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAWA TIMUR — Tim SAR menargetkan upaya pencarian korban hilang akibat erupsi Gunung Semeru selama satu minggu.

”Sudah hari keempat. Kami ditarget melakukan pencarian selama seminggu. Saat ini, masih ada 22 orang yang dinyatakan hilang,” tutur Kolonel Irwan Subekti, komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran (APG) dalam konferensi pers pada Rabu (8/12).

Dia mengatakan, saat ini upaya pencarian difokuskan di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, serta wilayah Desa Curah Kobokan. ”Tim akan memprioritaskan operasi pencarian dan penanganan warga yang mengungsi. Soal penambang pasir yang hilang, kami akan memastikan identitas korban. Saat ini masih proses diidentifikasi,” tutur Irwan.

Irwan menambahkan, pencarian akan terus dilakukan dengan memperhatikan dan mengutamakan keamanan tim gabungan di lapangan. ”Upaya pencarian korban dengan memperhatikan cuaca dan aktivitas Gunung Semeru. Sebab hampir tiap hari, mulai sore, turun hujan deras,” papar Irwan.

Hingga Rabu (8/12) siang, tercatat terdapat 34 orang ditemukan meninggal dunia. Sebanyak 22 orang lainnya masih dinyatakan hilang dan dalam proses pencarian.

Irwan menyebut, terdapat 4.250 jiwa yang masih mengungsi. Mereka tersebar di beberapa titik pengungsian di Kabupaten Lumajang. (jpc)

  • Bagikan