9 Desember 2021, Korupsi Masih Jadi Masalah

  • Bagikan

Oleh: Ahmad(Ketua Bidang Politik Kebangsaan Pemuda Muhammadiyah Sulsel)

Peringatan hari anti korupsi biasanya diwarnai aksi demonstrasi sebagai bentuk penolakan atas tindakan yang merugikan bangsa dan negara yang dapat merusak seluruh sendi kehidupan.

Korupsi adalah penyakit yang menular karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Siapa saja bisa terserang penyakit ini karena situasi dan kondisi yang dihadapinya.

Pemberantasan korupsi tidak sekadar interupsi di forum-forum atau di jalanan dengan cara demonstrasi. Kenyataanya setiap lembaga atau instansi baik, swasta ataupun milik negara hampir tidak bisa bersih dari tindakan KKN. Alasannya, bisa karena sistem yang lemah atau mental yang rusak dari para penyelenggara negara.

Lahirnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membuka mata publik betapa rumitnya penyelesaian tindak pidana korupsi. Perilaku pemimpin dan para pelayan publik telah ternodai dengan tindakan-tindakan KKN, berubah dari tugas mulia (pelayan masyarakat), menjadi tidakan merugikan banyak orang (mencuri uang rakyat). KPK Sebagai lembaga yang menangani tindakan korupsi kadang berhadapan dengan lembaga negara lainnya.

Korupsi bukan sekedar masalah “struktur” tapi juga sudah menjadi masalah sosial yang hampir menjangkit semua sektor kehidupan masyarakat. Olehnya itu peneyelesaiannya tidak sekedar tindakan hukum untuk memberikan efek jerah dari para pelakunyanya, tapi juga harus persoalan “kultur” untuk mengedukasi masyarakat agar tidak menjadi bagian dari pelaku ketika mendapatka posisi di struktur.

  • Bagikan