Firli Bahuri Dipastikan Tak Hadiri Pelantikan Eks Pegawai KPK Jadi ASN Polri, Alexander Marwata Sampaikan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilantik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang bertepatan pada momentum Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada Kamis (9/12). Pelantikan itu direncanakan pada pukul 15.30 WIB di Kompleks Mabes Polri, Jakarta.

Pengangkatan para mantan pegawai KPK menjadi ASN Polri itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan ASN 57 Mantan Pegawai KPK.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyampaikan, Pimpinan KPK termasuk Firli Bahuri tidak akan menghadiri pelantikan Novel Baswedan dan kawan-kawan menjadi ASN Polri. Dia menuturkan, KPK tidak menerima undangan pelantikan tersebut.

“Ya, sampai saat ini tidak ada undangan yang disampaikan ke KPK,” kata Alex ditemui di Gedung Juang KPK.

Alex menjelaskan, pihaknya sudah tidak mempunyai keterkaitan dengan 44 barisan mantan pegawai KPK. Mereka telah diberhentikan dengan hormat dari KPK dengan dalih tidak memenuhi syarat sebagai ASN pada 30 September 2021.

“Artinya mereka menjadi orang bebas dan kalau ada instansi yang lain ingin menggunakan tenaga mereka, itu sudah menjadi hak mereka, kalu misalmya semua sudah melalui prosedur yang sesuai dengan peraturan Undang-Undang,” ucap Alex.

Dia pun menegaskan, pihaknya tidak mengikuti tahapan pengangkatan ASN dari para 44 mantan pegawai KPK tersebut. Sehingga KPK lepas tangan dengan pengangkatan Novel Baswedan Cs sebagai ASN Polri.

  • Bagikan