Hari Anti Korupsi, Berikut Tuntutan HMI Makassar untuk Jokowi – Ma’ruf

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, menggelar aksi di Jl. Boltem, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/12/2021).

Aksi dilakukan untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 9 Desember. Mereka membakar ban di tengah jalan, sambil melakukan orasi secara bergiliran menyuarakan tuntutan.

Dalam orasinya Muhammad Arsy Jailolo selaku ketua umum HMI Cabang Makassar, menyampaikan beberapa tuntutan yang diinginkan untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah atas kejadian bangsa belakangan ini.

Arsy Jailolo menuturkan, hari anti korupsi dan HAM Internasional diperingati setiap tanggal 9 dan 11 Desember. Peringatan ini dibuat untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawainegeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi,hingga publik dalam menanggulangi korupsi.

“Diperingatinya hari Anti Korupsi dan HAM Internasional 2021 berangkat dari fenomena sosial, politik dan ekonomi yang mempengaruhinegara di dunia. Selain merusak demokrasi, korupsi memperlambat pembangunan ekonomi danberkontribusi pada ketidakstabilan pemerintah,” jelasnya dalam tuntutan sikap HMI Cabang Makassar.

Menurutnya, penegakan hukum dan kepastian hukum belum dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Bagisebagian masyarakat Indonesia, hukum dirasakan belum memberikan rasa keadilan, kesetaraan danperlindungan terhadap hak asasi manusia khususnya terhadap masyarakat kecil dan tidak mampu.

Dikatakan, penegakan hukum dan kepastian hukum masih melihat melihat status sosial seseorang, demikian pulapelaksanaan putusan pengadilan yang seringkali hanya memihak pada pihak yang kuat dan penguasa.

  • Bagikan