Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialisasi Keimigrasian di Bulukumba

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi Keimigrasian tentang Visa, Izin Tinggal, Konsultan, dan Penjamin Keimigrasian dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Hotel Same Bira Kabupaten Bulukumba, Kamis (9/12/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulsel, Dodi Karnida. Dalam Sambutannya, Kadiv Dodi mengatakan bahwa sosialisasi ini berkaitan dengan kebijakan keimigrasian pada masa pandemi Covid-19.

Misalnya melalui kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang pada tanggal 1 Desember 2021 lalu telah membuka kembali izin perjalanan ibadah umroh walaupun masih menerapkan beberapa persyaratan yang harus kita cermati perkembangannya.

Identifikasi lain juga menurut Dodi yakni adanya rencana pemerintah Malaysia dalam waktu dekat ini akan membuka negaranya dari kedatangan WNI khususnya para TKI.

Terkait akan pulihnya kembali lalulintas orang secara internaional khususnya lalulintas orang asing ke Indonesia, menurut Kadiv Dodi telah diterbitkan Permenkumham Nomor 34 tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease-2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, dan permenkumham Nomor 35 tahun 2021 tentang Konsultan Keimigrasian dan Nomor 36 tahun 2021 tentang Penjamin Keimigrasian.

Menurut Dodi, Semua kebijakan erat dengan fungsi keimigrasian sebagaimana tercantum dalam penjelasan pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian yaitu sebagian dari tugas penyelenggaraan negara di bidang pelayanan dan perlindungan masyarakat, penegakan hukum keimigrasian serta fasilitator penunjang pembangunan ekonomi nasional.

  • Bagikan