Novel Baswedan Cs Bakal Dilantik jadi ASN Polri, Firli Bahuri Diminta Ikut Hadir

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyambut baik pengangkatan 44 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri.

Sebelumnya 57 pegawai KPK dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK. Mereka pun memilih untuk mundur.

Ke-57 eks pegawai KPK itu pun ditawari untuk menjadi ASN di lingkungan Polri. Dari 57 orang itu hanya 44 yang menerima tawaran itu.

12 lainnya memilih menolak tawaran tersebut dengan alasan sudah memiliki aktivitas lain. Sedangkan satu diantaranya sudah meninggal dunia.

Pelantikan Novel Baswedan cs itu menjadi ASN Polri itu sendiri akan dilaksanakan pada hari ini, Kamis (9/12/2021).

Olehnya, MAKI meminta agar Ketua KPK Firli Bahuri untuk berkenan hadir pada pelantikan tersebut.

Boyamin menyebut kehadiran Firli sangat bermakna untuk penyatuan lagi dua kubu yang sempat bersitegang.

“Kehadiran Bapak Firli adalah sangat bermakna untuk proses islah (penyatuan kembali) dan berdamai sebagai insan aparat negara pemberantas korupsi yang selanjutnya untuk sinergi yang hebat guna pemberantasan korupsi kedepan yang lebih hebat,” kata Boyamin dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan Tes Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh KPK sebelumnya telah membuat 44 orang tersebut berpindah ke Bareskrim Polri.

Diakui suka atau tidak suka, kata Boyamin, hal itu telah menimbulkan jurang pemisah antara Pimpinan KPK dengan 44 orang tersebut.

  • Bagikan