Sambut Peringatan HAM Sedunia 2021, Kakanwil Sulsel Ikuti Seminar HAM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Sambut Hari HAM Sedunia Tahun 2021 tanggal 10 desember mendatang, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto ikuti Seminar Virtual Bisnis dan HAM Selasa (7/12).

Tema seminar ini yakni Refleksi Implementasi Prinsip Prinsip Panduan PBB Mengenai Bisnis dan HAM Untuk Dekade Mendatang. Sedangkan tema hari HAM tahun ini adalah Equality: Reducing Inequalities, Advancing Human Rights.

Acara yang dipusatkan di Jakarta tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal HAM kemenkumham bekerja sama dengan Raoul Wallenberg Institute (RWI).

Dirjen HAM Mualimin Abdi dalam sambutannya mengatakan bahwa Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah.

”Oleh karena itu pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang Bisnis dan HAM baik diselenggarakan oleh Ditjen HAM maupun berkerja sama dengan lembaga terkait untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha bahwa Bisnis dan HAM merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sesuai Prinsip-Prinsip Panduan untuk Bisnis dan HAM yang telah disepakati Indonesia pada Dewan HAM PBB,” Kata Dirjen Mualimin.

Mualimin menekankan agar terus menerus menghormati HAM dalam hal bisnis, sebagai bentuk tanggung jawab mendorong agar pelaku usaha dapat menginternalisasi nilai-nilai HAM dalam aktifitas bisnisnya.

Sementara itu Director of Regional Asia Office RWI Jason Squire memberi apresiasi atas kerjasama dengan kementerian Hukum dan HAM. Bisnis dan HAM merupakan program yang juga telah dilaksakan oleh RWI di Kawasan Asia Pasifik, ia memberi dukungan mengenai implementasi prisma ke depan.

  • Bagikan