Amran Mahmud Dorong CSR Perusahaan Gas Berfokus Energi Terbarukan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Bupati Wajo, Amran Mahmud, tampil sebagai pembicara pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dua Dasawarsa Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) 2001-2021 yang digelar di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/12/2021).

Amran Mahmud yang juga Wakil Ketua Bidang Transisi Energi ADPMET dipercaya memaparkan topik bertema Kendala dan Tantangan Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Migas di Daerah di sesi kedua diskusi panel.

Khusus di sektor pertambangan migas, Amran Mahmud menjelaskan bahwa Wajo merupakan salah satu daerah penghasil gas alam dengan cadangan gas sebesar kurang lebih 2 trilliun cubic feet, yang dikenal dengan nama Blok Sengkang.

“Hingga tahun 2021 ini, gas alam yang dihasilkan dari Blok Sengkang dipergunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) dengan kapasitas terpasang 315 megawatt dan untuk jaringan gas (jargas) rumah tangga dengan kapasitas 12.317 sambungan rumah,” beber Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Khusus untuk jargas, lanjut Amran Mahmud, 6.750 sambungan di antaranya masih dalam tahap konstruksi. Jika tidak ada halangan, pada 2022 nanti Wajo akan mendapatkan 4.500 sambungan baru lagi.

“Kami berharap, jaringan gas rumah tangga ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Wajo, dengan total kebutuhan sebanyak lebih dari 100.000 sambungan,” harapnya.

  • Bagikan