Harus Tahu! Inilah Buah-buahan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Baginda Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan bagi seluruh umat manusia. Tak hanya dari segi akhlak dan tutur katanya, pola hidup Rasulullah dalam kesehariannya juga patut dicontoh.

Salah satunya dalam hal makanan. Diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW hanya pernah menderita sakit dua kali seumur hidupnya.

Pertama akibat diracun oleh seorang wanita Yahudi dan yang kedua adalah sakit menjelang wafat.

Salah satu jenis makanan favorit kekasih Allah ini adalah buah-buahan.

Berbicara tentang buah kesukaan Nabi Muhammad SAW pasti yang ada dalam pikiran kalian yakni si manis kurma. Benar tidak?

Benar memang kurma jawabanya, tapi ternyata bukan hanya itu saja loh. Nabi Muhammad SAW juga menyukai buah-buahan seperti berikut.

Mentimun

Dalam sebuah hadis dari ‘Abdullah bin Ja’far, ia mengatakan, “Rasulullah Saw terbiasa makan qitstsa’ dengan ruthab (kurma basah).” Qitsa’ adalah buah sejenis mentimun dengan ukuran yang lebih besar.

Hikmah dari dua buah-buahan ini dimakan secara bersamaan adalah karena buah kurma cenderung panas dan buah mentimun cenderung dingin jika dimakan, maka akan terasa seimbang bagi tubuh untuk mencerna keduanya.

Semangka

Dalam sebuah hadis, Aisyah pernah bercerita bahwa Rasulullah Saw. terbiasa memakan semangka dengan ruthab (kurma basah).

Melon

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia mengatakan, “Rasulullah SAW pernah memakan dua buah sekaligus, yakni ruthab (kurma basah) dan khirbiz (melon). (dra/fajar)

  • Bagikan