Indira Jusuf Ismail: Prawedding Bukan Sebatas Foto, Tetapi Pengenalan Karakter Pasangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, selaku narasumber dalam kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan lingkup daerah kota Makassar Angkatan XVI 2021, membahas tentang bagaimana membina rumah tangga agar dapat meniminalisir terjadinya kekerasan, khususnya bagi perempuan.

“Sebelum menikah, ada yang disebut dengan prawedding. Prawedding yang sebenarnya bukan hanya sebatas pengambilan gambar (foto) tetapi lebih pada pengenalan karakter calon pasangan kita,” ujarnya.

Pengenalan karakter pasangan cukup penting agar memiliki gambaran seperti apa yang akan menemani calon pada hari-hari ke depannya.

Sehingga program pemerintah Kota Makassar, bukan hanya diberikan kepada mereka yang telah mengalami tindak kekerasan, tetapi juga disosialisasikan kepada mereka yang telah berencana untuk berumah tangga.

“Penting melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya usia yang akan membentuk rumah tangga, karena anak-anak nantinya akan menjadi dewasa dan mencontoh apa yang orangtua mereka ajarkan,” lanjutnya.

Dalam setiap rumah tangga, pastinya tidak terlepas dari permasalahan, namun upayakan agar anak-anak tidak menyaksikan pertengkaran, atau pun mempertontonkan hal yang kurang pantas, agar kelak saat mereka menjadi orang tua dapat memberikan perlakukan yang baik pula pada pasangannya.

“Lebih baik mencegah, daripada mengobati. Lebih baik memberikan edukasi lebih dini, agar kedepannya kasus kekerasan terhadap perempuan dapat terus menurun, jika generasi muda telah semakin cerdas dalam menyelesaikan masalah mereka,” ujarnya.

  • Bagikan