JK: Saudagar Harus Punya Seribu Akal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), mengungkapkan, untuk menjadi seorang saudagar, harus memiliki seribu akal.

Hal itu disampaikan JK saat menjadi keynote spech di acara Rakornas Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) di Hotel Marbella Dago, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/12/2021).

JK menjelaskan, saudagar dalam bahasa sanskerta, memiliki arti seribu akal.

“Jadi memang kalau pengusaha itu kalau tidak memiliki akal seribu, bagaimana bisa menjalankan bisnisnya,” kata JK.

“Sebutlah dengan berdirinya Serikat Dagang Islam, Budi Utomo sebagai cikal bakal hari kebangkitan, NU dan Muhammadiyah itu semua dipelopori oleh orang-orang berlatar belakang pengusaha,” sambungnya.

Menyinggung soal keberadaan ISMI, JK berpandangan sebagai momen reborn, atau tumbuhnya kembali para pengusaha muslim di Indonesia. Sebab, dalam sejarah bangsa Indonesia, itu dipelopori oleh para pengusaha Muslim.

“Dominasi sahabat-sahabat kita dari non muslim atau Tionghoa itu tidak ada yang salah, sebab menumbuhkan tenaga kerja dan pembayaran pajak. Tetapi tentu dibutuhkan keseimbangan, dan keseimbangan itu bisa dilakukan oleh saudagar muslim dengan berusaha naik (bangkit) dan bekerja lebih baik,” katanya lagi.

“Tetapi tentu saja tidak akan dapat naik (bangkit) jika saudagar tidak memiliki seribu akal,” tandasnya.

Untuk membangkitkan perekonomian dari saudagar muslim, tentu mendapatkan tantangan tersendiri. Namun JK meyakini proses tersebut bukan hal yang mustahil.

  • Bagikan