Novel Baswedan Cs Bergabung, Polri Bentuk Korps Baru Setara Densus 88

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana bakal membuat satuan baru khusus untuk pemberantasan tindak pidana korupsi.

Satuan tersebut akan dinamakan Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortas). Satuan baru ini akan mengganti Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan satuan baru tersebut akan dipimpin oleh deputi yang kompeten di bidangnya dengan pangkat pimpinan jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

“Tadi pak Kapolri sudah menyinggung Direktorat Tipikor akan dibesarkan menjadi organisasi lebih tinggi lagi. Di situ ada deputi-deputi, deputi penindakan, deputi pencegahan, deputi kerjasama antarlembaga. Nanti akan ditempatkan di situ,” ucap Dedi.

Dedi pun menambahkan jika Kortas nanti akan dibuat setara dengan detasemen khusus anti teror (Densus 88) Polri. Jadi Kortas akan langsung bertanggung jawab kepada Kapolri.

Olehnya, 44 eks pegawai KPK yang baru saja resmi menjadi ASN Polri akan menempati posisi-posisi dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi tersebut.

“Jadi nanti sama dengan Densus 88 di bawah Kapolri. Tapi penempatan sesuai kompetensi, kan ada latar belakang yang beda, ada SDM, ada di satker lainnya,” ucap Dedi. (zaki/fajar)

  • Bagikan