Novel Baswedan Cs Dilantik Jadi ASN Polri, Saut Situmorang Sampaikan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya 44 mantan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertepatan pada momentum Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada Kamis (9/12) kemarin. Menurut Saut, potensi untuk kembali ke rumah besar di KPK sangat terbuka.

“Kita ucapkan Selamat bekerja di value yang sama dengan di KPK, hal-hal teknis, strategi, system, struktur, style, teman kerja boleh jadi berbeda, akan tetapi tetaplah memegang nilai nilai (value) ke KPK-an yang abadi sampai kapanpun,” kata Saut kepada JawaPos.com, Jumat (10/12).

Saut menuturkan, Polri harus bisa menempatkan para mantan pegawai KPK sesuai dengan kemampuannya. Hal ini tidak lain untuk mendukung kerja-kerja penindakan dan pencegahan korupsi.

Dia tak memungkiri, jika Novel Baswedan Cs ingin ditugaskan kembali ke KPK adalah hal yang mudah. Menurutnya, Presiden bisa membuatkan Keputusan Presiden (Kepres) untuk kembali menugaskan Novel Baswedan Cs di KPK, karena mereka kini telah berstatus sebagai ASN.

“Bisa tinggal buat Keppres saja oleh presiden mendatang selesai itu. Itu sebabnya harus memilih presiden yang benar-benar antikorupsi, karena habitat mereka teman teman itu sesungguhnya di KPK, sambil selama di Polri mereka belajar juga tentang banyak hal tentang apa apa yang akan di kerjasamakan untuk negeri yang lebih baik dalam jangka panjang,” tegas Saut.

  • Bagikan