Ungkap Sindikat Penyelundup Narkoba Jenis LSD, Sabu-sabu Dimasukkan dalam Sparepart Mobil

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap sindikat penyelundup narkotika jenis sabu dan Lysergic Acid Diethylamide (LSD). Dalam kasus ini polisi menangkap 39 yang tergabung dalam jaringan internasional.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, kasus ini terendus petugas sejak pertengahan November 2021. Sindikat ini menyelundupkan narkotika ke Indonesia dari luar negeri.

“Ini jaringan internasional sehingga Polda Metro Jaya bekerjasama dan dibantu pihak Bea Cukai. Dari pengungkapan kasus ini Polda Metro mengamankan dan menangkap 39 tersangka,” kata Zulpan kepada wartawan, Jumat (10/12).

Zulpan menjelaskan, penyelundupan narkoba ini disembunyikan di dalam spaprepart jenis piston. Para pelaku biasa berpura-pura memesan sparepart mobil dari negara Tiongkok, Kanada, Uganda hingga Afrika.

“Bagaimana barang tersebut dimasukan ke sparepart. Dengan kasat mata kita tidak percaya di dalamnya ada narkotika,” imbuhnya.

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya berhasil menyita narkotika jenis LSD sebanyak 800 lembar dan sabu 16,88 kg. Sedangkan para tersangka yang berhasil ditangkap keseleruhanya merupakan warga Indonesia.

Atas perbuatanya, para tersangka dikenakan Pasal 114, 112 ayat 2, Pasal 112 ayat 1 junto 132 UU 35/2009. Para tersangka terancam hingga hukuman mati. (jpg/fajar)

  • Bagikan