Wali Kota Bandung Wafat di Hari Jumat, Ustaz Khalid Basalamah: Pertanda Husnul Khotimah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Meninggalnya Wali Kota Bandung, Oded M Danial di hari Jumat ini, pertanda ia meninggalkan dunia secara baik-baik. Hal itu karena amalannya yang sangat baik pula selama di dunia.

Penceramah Khalid Basalamah, mengatakan, siapa pun bisa meninggal di hari Jumat. Tergantung amalan yang ia miliki.

“Siapa pun di antara kita yang meninggal di hari Jumat, itu husnul khotimah. Dianggap mati yang baik,” katanya dikutip dari Khalid Basalamah Official, dikutip Fajar.co.id.

Hal itu dikuatkan dengan sebuah hadis tentang seseorang yang meninggal pada hari Jumat, yang merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam.

“Sesuai riwayat Tirmizi, Ahmad, Abu Ya’la, semuanya hadis sahih ini, disebutkan dari Abdullah Bin Amr radiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda, tidak ada seorang muslim pun laki-laki atau perempuan, anak kecil atau dewasa meninggal pada hari Jumat atau pada malam Jumat. Melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur,” jelasnya.

Arti dari fitnah kubur, lanjut Khalid, adalah orang tersebut terbebas dari pertanyaan malaikat saat di alam kubur. Sehingga orang itu selamat dari api nekara.

“Makna fitnah kubur menurut sebagian ulama adalah tidak lagi ditanya malaikat karena pertanyaan ini bila dilontarkan, kalau dijawab bisa selamat. Kalau tidak bisa celaka,” tambahnya.

“Begitu juga dengan orang kafir. Maka pada saat malaikat tanya siapa Tuhannya, apa kitabnya, dia tak bisa jawab karena orang kafir, maka ditanya siapa Tuhanmu, siapa nabimu, si muslim pun yang fasih banyak dosanya tidak sempat tobat, dia cuman bilang tidak tahu dan cuman ikut-ikut dulu,” tandas alumni Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia, dan Universitas Islam Madinah ini.

  • Bagikan