Gajah Sumatera Ditemukan Mati, Barak Pekerja Kebun Sawit Hancur

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, RIAU – Seekor gajah Sumatera berjenis kelamin betina berusia 25 ditemukan mati di Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Bengkalis, Riau, Jumat (10/12/2021).

Dikutip dari Instagram resmi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu (11/12/2021), penyebab kematian gajah Sumatera itu diduga akibat tersengat listrik dan bangkainya pun ditemukan di area kebun sawit warga.

“Menemukan seekor gajah betina dewasa usia lebih kurang 25 tahun, diperkirakan sedang menyusui dalam kondisi mati. Dugaan sementara kematian Gajah disebabkan oleh setrum aliran listrik yang bersumber dari kabel PLN,” tulis keterangan resmi Balai Besar KSDA Riau.

Di unggahannya itu pula, terdapat barak milik pekerja kebun sawit yang mengalami kerusakan di sejumlah sisi, akibat ulah gajah liar di sekitaran lokasi.

“(Aliran listrik) yang terhubung ke barak pekerja kebun sawit milik masyarakat yang dirobohkan Gajah liar,” tambahnya dikutip Fajar.co.id.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan mengusut penyebab kematian hewan yang dilindungi itu. Termasuk benar atau tidaknya gajah tersebut mati diduga akibat tersengat listrik.

“Untuk memastikan penyebab kematiannya, Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan Tim medisnya dipimpin drh. Danang untuk melakukan nekropsi. Begitupun PLN telah turun ke lapangan untuk memutus arus listrik yang ada,” tandasnya. (Ishak/fajar)

  • Bagikan