Preview Liverpool vs Aston Villa: Perang Saudara

  • Bagikan
Latihan Aston Villa/situs Aston Villa

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool akan menjamu Aston Villa di pekan ke-16 Premier League, malam nanti. Status Steven Gerrard membuat laga ini ibarat perang saudara.

Gerrad adalah salah satu legenda terbesar dalam sejarah Liverpool. Ia memimpin The Reds selama 12 tahun yang menempatkannya sebagai kapten terlama Liverpool. Tak mengherankan jika ia dijuluki kapten fantastis.

Setelah pensiun sebagai pemain, Gerrard menjadi pelatih di Akademi Liverpool. Ia mengelola tim U-18 selama musim 2017/2018 sebelum memulai karier manajerial seniornya bersama klub Skotlandia, Rangers.

Sukses memimpin Rangers meraih gelar liga pertamanya dalam 10 tahun di musim 2020/2021, Gerrard kemudian kembali ke Inggris November lalu setelah dipinang Aston Villa.

Meski tak pernah dilatih Juergen Klopp, Gerrard mengatur timnya sebagaimana manajer Liverpool tersebut. Sejak masih di Rangers, Gerrard selalu mencoba mendominasi penguasaan bola dan melakukan pressing tinggi di lapangan.

Gerrard selama menjadi pelatih menyukai formasi 4-3-3 seperti halnya Liverpool. Namun, di Aston Villa, ia menggunakan pola 4-3-2-1 yang memang kerap ia pakai beberapa musim terakhir.

Serupa dengan Klopp, full-back adalah senjata berbahaya Gerrard yang mempertegas dirinya sebagai pengagum Klopp. Sejauh ini sentuhannya menunjukkan kapasitasnya. Dalam empat laga Aston Villa, ia meraih tiga kemenangan.

Makanya, duel di Anfield malam ini bakal menjadi sajian menarik bagi penggemar Liverpool. Apalagi, sang legenda digadang-gadang akan menjadi pelatih masa depan The Reds.

  • Bagikan