Anies Baswedan Beber Sumber Pembiayaan Proyek Pembangunan JIS

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap sumber pembiayaan proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut Anies, proyek pembangunan Jakarta International Stadium itu dibiayai dari pajak warga Jakarta, bukan hadiah dari perusahaan mana pun.“Ini dibiayai lewat uang pajak dari seluruh warga Jakarta. Jadi, bukan hadiah dari perusahaan A, perusahaan B, tetapi ini sebuah kerja besar dari pajak rakyat Jakarta dan kita boleh bersyukur, boleh bangga,” kata Anies dalam diskusi via media sosial Instagram di Jakarta, Minggu (12/12).

Anies berharap warga Jakarta dapat segera mendatangi JIS ketika pembangunan sudah selesai. “JIS adalah kebanggaan bagi warga Jakarta,” tegasnya.

Saat ini, realisasi proyek pembangunan JIS telah memasuki pekan ke-118 dan mencapai 87,85 persen.

Menurut Anies, proyek yang dikerjakan sejak 2019 tersebut melibatkan setidaknya 4.000 pekerja. Meski terhalang pandemi Covid-19, pembangunan JIS tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, karena seluruh pekerja tidak diperkenankan untuk keluar-masuk proyek.

Selain itu, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menilai bahwa JIS adalah sebuah proyek yang masif.

Salah satu pekerjaan terberat, yakni pengangkatan rangka atap baja seberat 3.900 ton. “Ini proses masif yang membutuhkan lebih dari sekadar kerja keras, tetapi kerja penuh ilmu pengetahuan, kerja penuh akurasi, penuh perencanaan. Boleh kita katakan bahwa ini adalah suatu proyek yang mengagumkan dari 2019 ke 2021 ini,” kata Anies Baswedan.

  • Bagikan