Dua Kereta Api Pengangkut Batu Bara Tabrakan, PT KAI Pastikan Tak Ada Korban

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALEMBANG — PT KAI Divre III Palembang, Sumatera Selatan, memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tabrakan dua kereta api (KA) batu bara rangkaian panjang (babaranjang). Peristiwa kecelakaan itu terjadi di Desa Panjang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

”Tidak ada korban jiwa,” kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti seperti dilansir dari Antara di Palembang, Minggu (12/12).

Menurut dia, peristiwa tabrakan itu terjadi antara KA babaranjang nomor lambung Lok CC 205 1404/2104 (60/RJS 28) yang menabrak bagian belakang KA babaranjang bernomor lambung Lok CC 205 1344/2134 (60/MRL 07), saat sedang berhenti di lintasan kereta Stasiun Penanggiran pada Sabtu (11/12) pagi. Tabrakan itu menyebabkan KA dengan delapan gerbong tanpa muatan tersebut terguling keluar dari lintasan.

Sementara itu, penyebab tabrakan tersebut terjadi diduga karena ada miskomunikasi antara petugas rumah sinyal dengan masinis kereta api 60/RSJ 28. ”Akibatnya sempat ada pembatalan keberangkatan kereta tujuan Lubuk Linggau kemarin (11/12). Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Biaya tiket dikembalikan 100 persen,” ujar Aida.

Dia menegaskan, masinis KA dalam kondisi yang baik. Pengerjaan evakuasi lokomotif dan gerbong kereta api yang terbalik itu sudah dilakukan sejak Sabtu (11/12) petang.

”Lalu lintas kereta api sudah kembali normal sejak pukul 21.00 WIB (11/12),” terang Aida.

  • Bagikan