Benarkah Mandi Malam Berbahaya untuk Kesehatan, Fakta atau Mitos?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mandi merupakan salah satu rutinitas bagi manusia yang telah melakukan aktivitas baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di tubuh mereka selama melakukan aktivitas. Di indonesia sendiri umumnya orang-orang mandi 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Padatnya aktivitas seseorang di luar sana mengharuskan mereka untuk melakukan mandi malam. Kebanyakan orang beranggapan bahwa mandi malam sangat berbahaya bagi kesehatan. Tapi pendapat tersebut belum sepenuhnya benar.

Sebaliknya mandi malam juga bisa bermanfaat bagi kesehatan.  Berikut ini beberapa mitos yang mengatakan mandi malam berbahaya bagi kesehatan:

Menyebabkan penyakit rematik

Penyakit rematik akan muncul apabila seseorang melakukan mandi malam. Tetapi mandi malam bukanlah penyebab penyakit rematik. Mandi dengan air dingin di malam hari hanya akan menjadi pemicu kumatnya penyakit rematik. Sebaliknya mandi dengan air hangat di malam hari akan membantu meringankan penyakit rematik.

Menyebabkan paru-paru basah

Banyak yang baeranggapan mandi di malam hari bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah. Tapi ternyata ini semua tidak benar. Paru-paru basah di sebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang berasal dari udara. Paru-paru basah berarti terdapat cairan di dalam paru-paru. Sebaliknya dengan  Mandi menggunakan air hangat di malam hari bisa membatu kita dari sesak nafas.

  • Bagikan