BNPB Sebut Bencana Selama November 2021 Akibatkan 30 Orang Meninggal dan Hilang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB) Letjen Suharyanto menyebut Jawa Timur dan Jawa Barat menjadi provinsi yang sering dilanda banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor selama November 2021.

Data BNPB menyatakan bahwa selama November 2021 terjadi 424 bencana di Indonesia yang mengakibatkan 30 orang meninggal dunia dan hilang.

“Mayoritas bencana banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor terjadi di provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat,” kata mantan Pangdam Brawijaya itu saat mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/12).

Di sisi lain, kata Suharyanto, bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) rutin terjadi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada November 2021.

Sementara itu, kata dia, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Melawi, Kabupaten Katingan, Kota Sintang, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kota Palangkaraya, menjadi daerah yang ditemukan peristiwa banjir selama November 2021.

Selanjutnya, Kabupaten Bogor, Kota Sidoarjo, dan Kota Serang menjadi daerah yang ditemukan bencana cuaca ekstrem selama November 2021.

Berikutnya, kejadian tanah longsor sering terjadi di Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Kuningan. “Kejadian kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotawaringin Barat, daerah Hulu Sungai, dan dan Banjarmasin,” beber Suharyanto. (jpnn/fajar)

  • Bagikan