Cara Membuat Laporan Keuangan Bisnis UKM Mudah dan Praktis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Laporan keuangan bisnis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya perusahaan besar saja, tapi membuat laporan keuangan bisnis juga diwajibkan untuk usaha yang kecil sekalipun atau seperti UKM. Dengan adanya laporan keuangan bisnis, Anda menjadi tahu uang digunakan untuk apa saja hingga kebijakan agar uang terus bertambah.

Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak para pelaku usaha kecil atau UKM yang mengabaikan laporan keuangan bisnis. Alhasil, keuangan tidak terkontrol dengan baik, uang bisa habis begitu saja, yang pada akhirnya uang UKM tidak bisa mengembangkan UKMnya lagi, kemudian bangkrut.

Kemungkinan besar, tidak mengerti cara membuat laporan keuangan bisnis menjadi alasan kuat kenapa para pelaku UKM mengabaikan laporan keuangan bisnis usaha. Oleh karena itu, agar UKM tetap berjalan lancar ulasan ini akan mencoba untuk memberikan gambaran sederhana beserta ilustrasi cara membuat laporan keuangan bisnis sederhana. Laporannya cukup mudah dipahami dan dipraktikkan oleh siapa saja.

Laporan keuangan bisnis Sederhana dalam Ilmu Akuntansi

Perlu diketahui untuk membuat laporan keuangan bisnis Anda tidak bisa terlepas dengan ilmu akuntansi. Karena itu, Anda perlu memahami sedikit tentang siklus akuntansi dan beberapa istilah dalam ilmu akuntansi. Terdengar rumit, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab istilah-istilah tersebut tidak akan membuat Anda pusing tujuh keliling kalau hanya untuk membuat laporan keuangan bisnis sederhana. 

  • Bagikan