Disapu Tornado, Pemerintah Federal Amerika Serikat Diminta Tetapkan Status Bencana Besar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENTUCKY — Delapan orang dipastikan tewas dan delapan lainnya masih hilang pada Minggu (12/12) di pabrik lilin Mayfield Consumer Products di Mayfield, Kentucky. Sebanyak 110 pegawai sedang bekerja ketika pabrik itu dihantam tornado.

”Menurut laporan awal, ada 70 orang yang kemungkinan meninggal di pabrik itu. Satu korban saja sudah terlalu banyak, tapi kami bersyukur jumlah itu jauh lebih sedikit,” kata juru bicara perusahaan Bob Ferguson kepada Reuters seperti dilansir dari Antara.

Gubernur Kentucky Andy Beshear sebelumnya mengatakan, di negara bagian yang dia pimpin itu, sedikitnya 80 orang meninggal setelah sebuah tornado yang begitu kuat mencabik kawasan tersebut pada Jumat (10/12) malam.

Beshear memperkirakan jumlah total korban jiwa bisa mencapai 100 orang. Belum ada kejelasan soal berapa banyak pegawai pabrik yang masuk dalam penghitungan Beshear.

”Pada Minggu (12/12) petang, para petugas yang menggali puing-puing masih menganggap upaya mereka itu sebagai operasi penyelamatan dan belum menghentikan langkah tersebut,” kata Ferguson.

”Kami masih berharap bahwa delapan orang lagi, yang masih belum diketahui keberadaannya, bisa ditemukan,” tambah dia.

Mayfield Consumer Products menggambarkan diri sebagai perusahaan lokal dan milik keluarga yang memproduksi lilin dan berbagai barang pewangi. Mayfield adalah daerah pemukiman yang berpenduduk sekitar 10.000 orang di Graves County.

  • Bagikan