Pos Brimob di Pegunungan Bintang Ditembaki KKB, Ini Penjelasan Kapolres

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAPUA–Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Senin (13/12/2021) pukul 06.00 hingga 07.00 WIT, kembali menembaki Pos Brimob di Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

“Memang benar ada laporan KKB menembaki Pos Brimob. Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa,” kata Kapolres Pegbin AKBP Cahyo Sukarnito kepada wartawan, Senin pagi.

Faktanya, Konflik bersenjata antara aparat TNI-Polri dengan KKB, hingga kini masih terus bergulir di Papua. Meski Panglima TNI dan Kapolri tengah mendapatkan tugas untuk mendamaikan papua.

Setidaknya dalam bulan desember 2021, sudah beberapa kali, peristiwa penyerangan terus terulang.

Paling anyar prajurit TNI menembak anggota KKB di wilayah Suru Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Selasa (7/12). Anggota KKB itu kedapatan membawa senjata api laras panjang hasil rampasan dari seorang prajurit yang dibunuhnya.

“Terkonfirmasi jenis SS2 V4 dengan alat bidik optik yang merupakan milik prajurit TNI AD yang tewas dibunuh kelompok bersenjata saat pengamanan perbaikan Bandara Yahukimo di Kali Brasa, Distrik Dekai pada 18 Mei 2021 lalu,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Arm Reza Nur Patria.

Reza menyebutkan kontak senjata itu terjadi pada sekitar pukul 08.00 WIT. Itu, sambungnya, adalah insiden kontak senjata yang keempat kalinya terjadi di wilayah Yahukimo dalam 4 bulan terakhir.

Menurutnya, dua peristiwa dari keseluruhan penembakan di kawasan itu terjadi di Suru Suru.

  • Bagikan