Ridwan Kamil Pastikan Kawal Pemulihan Korban Pemerkosaan Oknum Guru Pesantren

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ajak masyarakat berempati terhadap para korban dan keluarga korban yang saat ini tengah menuntut keadilan di meja hijau. Masyarakat diimbau menyebarkan narasi positif di media sosial dan cermat menyaring informasi berkenaan dengan kasus yang sudah ditangani sejak Mei 2021 itu.

Ridwan Kamil menyayangkan narasi-narasi masyarakat di jagat maya yang hanya menyoroti kasus hukum yang saat ini tengah diproses. Sementara, sumbangsih upaya pemulihan terhadap korban tidak begitu ditonjolkan.

Ridwan Kamil membenarkan kasus tersebut telah diungkap sejak akhir Mei 2021. Penegak hukum telah melakukan tindakan dan memprosesnya hingga saat ini. ”Langsung saat itu juga pelakunya dilaporkan dan ditangkap polda. Makanya sekarang pelaku sudah di level diadili di pengadilan,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara, Senin (13/12).

Dia memastikan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus mengawal proses pemulihan korban pemerkosaan oknum guru pesantren di Kota Bandung yang saat ini tengah di peradilan. Saat itu juga, sambung Ridwan Kamin, sekolahnya langsung ditutup. Walaupun kewenangan membuka, mengawasi dan menutup sekolah agama/pesantren adalah kewenangan Kementerian Agama.

”Saat Mei itu juga, anak-anak yang menjadi korban langsung diamankan tim perlindungan anak dari Pemprov Jabar dan Tim UPTD PPA (P2TP2A) Kabupaten Garut dan Kota Bandung (pada awal pengungkapan) melalui trauma healing dan perlindungan hak pendidikannya. Sampai sekarang,” lanjut Ridwan Kamil.

  • Bagikan