Saksi Beber Alur Pembagian Uang Suap Aziz Syamsuddin pada Stepanus Robin Pattuju

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin disebut memberikan uang ke mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju untuk mengamankan namanya di dalam persidangan. Uang itu diberikan untuk menutup nama Azis Syamsuddin dalam persidangan kasus korupsi yang diusut KPK.

Hal ini sampaikan Agus Susanto, saat bersaksi dalam sidang kasus suap penanganan perkara, dengan terdakwa Azis Syamsuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (13/12).

Mulanya agus mengakui, diajak Robin berkunjung ke rumah Azis yang berlokasi di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan. Agus mengutarakan, Robin membawa uang yang dimasukkan ke dalam sebuah tas saat keluar dari rumah Azis.

“Ini yang didapat dari dalam rumah (Azis Syamsuddin) tadi,” ucap Agus yang merupakan mantan sopir Robin.

Setelah dari rumah Azis, Robin langsung meminta Agus mengantarnya ke Pengadilan Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam perjalanan, Robin memisahkan uang dari Aizs menjadi tiga bagian.

Dia mengutarakan, setelah dibagi uang itu diberikan kepada orang yang disebut Agus bernama Om Ale di parkiran basement Pengadilan Tipikor Jakarta. Menurutnya, Om Ale adalah Maskur Husain, pengacara yang menjadi terdakwa bersama Robin dalam kasus suap penanganan perkara di KPK.

“Saat itu saya parkir di mobil, cuma ada komunikasi antara Pak Robin dengan Om Ale (Maskur) itu, kemudian Pak Robin turun menuju tempat yang dijanjikan itu, saya pribadi stand by di mobil, setelah selesai ke tempat penukaran,” ungkap Agus.

  • Bagikan