Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pada umumnya, seseorang berkeringat di saat tertentu misalnya kegerahan atau kepanasan ketika berada dibawah sinar matahari. Namun, ada juga sebagian orang yang mengalami di luar waktu-waktu di atas, dan bukan badan mereka yang berkeringat melainkan hanya anggota badan yaitu telapak tangan dan kaki.

Hal tersebut membuat aktivitas penderitanya merasa sangat terganggu bahkan merasa takut. Pasalnya, banyak orang yang mengira keringat berlebih adalah pemicu dari penyakit jantung. Dalam dunia medis, keluarnya keringat berlebih di sebut juga dengan hiperhidrosis.

Telapak tangan dan kaki kita memiliki lebih banyak kalenjar keringat ketimbang bagian tubuh lainnya sehingga bagian tubuh ini kerap terasa lembab.

Adapun penyebab telapak kaki dan tangan sering berkeringat secara berlebihan dapat berbeda-beda, tergantung jenis hiperhidrosis primer atau sekunder.

  • Hiperhidrosis Primer

Melansir Mayo Clinic, jenis hiperhidrosis yang paling umum adalah hiperhidrosis fokal primer. Hiperhidrosis ini disebabkan gangguan saraf yang membuat sinyal kelenjar keringat jadi terlalu aktif. Kendati tidak ada aktivitas fisik berlebihan atau kenaikan suhu ekstrem, penderitanya bisa berkeringat secara berlebihan, terutama saat stres atau gugup.

Jenis hiperhidrosis primer kerap memengaruhi area telapak kaki, tangan, terkadang sampai ke wajah. Penyebab kenapa telapak tangan dan kaki berkeringat terkait hiperhidrosis primer umumnya terkait faktor keturunan. Jika Anda memiliki keluarga yang mengalami masalah telapak tangan dan kaki basah, ada kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

  • Bagikan