355 Bangunan di Selayar Rusak Akibat Gempa Laut Flores

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SELAYAR — Gempa di Laut Flores berkekuatan 7,4 magnitudo pagi tadi, berdampak besar di Kabupaten Kepulauan Selayar. 25 ribu warga harus mengungsi ke daerah perbukitan.

Selain warga, ratusan bangunan di Selayar mengalami kerusakan. Terdiri dari rumah warga, gudang, sekolah, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Data sementara dari Badan Penaggulangan Bencara Daerah (BPBD) Selayar mencatat, 354 bangunan rusak yang tersebar di empat kecamatan. Yakni Pasilambena, Takabonerate, Pasimasunggu, dan Pasimarannu.

Di Kecamatan Pasilambena, 43 rumah dan dua gudang rusak. Di Kecamatan Takabonerate ada satu rumah rusak, Kecamatan Pasimasunggu ada empat rumah dan satu sekolah rusak.

Sementara di Kecamatan Pasimarannu ada 298 rumah, dua rumah ibadah, dua sekolah, dan dua tambatang perahu mengalami kerusakan.

Dari empat kecamatan itu, Pasilambena dan Pasimarannu adalah lokasi yang terparah.

“Karena dua kecamatan ini terluar yang memang yang sesuai info BMKG, Selayar ini adalah wilayah yang siaga satu potensi tsunami. Sehingga pemkab merespons cepat sehingga masyarakat waspada,” kata Kabid Kominfo Pemkab Kepulauan Selayar, Mursalim kepada Fajar.co.id.

Saat ini pihak pemerintah setempat masih terus melakukan pendataan terhadap bangunan rusak akibat gempa tadi pagi. (ishak/fajar)

  • Bagikan