7 Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Indonesia merupakan negara yang rawan bencana salah satunya gempa bumi. Gempa bumi merupakan aktivitas berguncangnya bumi akibat dari adanya pergeseran lempeng bumi yang terdapat dalam perut bumi.

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi. Sehingga membuat orang kebingunan bagaimana cara mengantisipasi dan melindungi diri dari bencana tersebut. Berikut hal yang bisa kita lakukan jika terjadi gempa:

Jangan panik dan tetap tenang

Penting bagi kita untuk tetap tenang dan jangan panik jika terjadi gempa bumi. Tetap tenang bisa membantu anda untuk berfikir jernih  tentang apa yang harus di lakukan. Jika anda berada di tempat keramaian misalnya, di pusat perbelanjaan jangan membuat keributan karena orang-orang di sekitar anda  akan ikut panik. Tetap ikuti imbauan petugas di sana.

Jangan gunakan lift

Jika anda sedang berada di gedung yang tinggi pada saat gempa bumi terjadi. Jagan pernah gunakan lift untuk turun ke bawah. Menggunakan lift pada saat gempa bisa membuat lift bermasalah dan membuat anda terjebak di dalam lift. Jika anda menggunakan lift dan terjebak di dalam lift segera tekan tombol darurat dan hubungi petugas.

Segera keluar dari bangunan

Segera mungkin keluar dari rumah, kantor, sekolah atau bangunan yang lainnya jika terjadi gempa bumi. Dan usahakan menggunakan tangga darurat. Gunakan tangga darurat dengan tetap memperhatikan beberapa hal. Jangan berlari ataupun terburu-buru saat turun tangga ini bisa membuat anda terjatuh. Dan untuk perempuan lepaslah sepatu anda apabila menggunakan sepatu hak tinggi agar anda bisa berjalan lebih nyaman.

  • Bagikan