Jelang Nataru, Kemenkumham Sulsel Beri Penguatan kepada Para Kalapas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiba pada Lapas/Rutan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan beri penguatan Tugas dan Fungsi (Tusi) kepada jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulawesi Selatan secara daring dari Aula Rutan Kelas I Makassar pada Selasa (14/12/2021).

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Abdul Wahid, menyampaikan bahwa akhir-akhir ini telah terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di beberapa Lapas dan Rutan di Indonesia.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah Sulawesi Selatan, Abdul Wahid menyampaikan beberapa poin mengenai pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan sebagaiamana diamanatkan dalam Surat Edaran Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Pertama, Lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi ganggunan keamanan dengan melakukan deteksi dini secara berkala melalui pemeriksaan blok dan hunian kamar secara intens. Kedua, lakukan pemeriksaan secara cermat terhadap pengeluaran WBP agar sesuai prosedur yang berlaku dan telah disidangkan oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

Ketiga, lanjut Wahid Pastikan petugas jaga berada pada pos jaga masing-masing serta siapkan petugas cadangan. Mengingat keadaan cuaca serta curah hujan yang tinggi, agar memperhatikan sarana darurat seperti genset, senter, payung, jas hujan, serta sarana pendukung lainnya.

Wahid juga minta agar Beri pelayanan dan perlakukan tanpa diskriminasi sesuai Standar Operasional Prosedural (SOP) serta utamakan pendekatan kemanusiaan, gotong royong dan transparan dalam melakukan pembinaan kepada petugas dan WBP.

  • Bagikan