Polemik Karantina Mulan Jameela dan Ahmad Dhani, Wamenkes Bilang Begini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono ikut angkat bicara soal karantina yang semestinya dijalani oleh anggota DPR Mulan Jameela bersama suaminya, musisi Ahmad Dhani, usai pulang dari Turki. Menurut Dante, siapapun orangnya, mereka yang melakukan perjalanan dari luar negeri wajib menjalani karantina.

“Sebenarnya karantina ini berlaku bagi seluruh warga Indonesia yang melakukan perjalanan bagi warga negara yang masuk ke wilayah Indonesia,” tegas Dante saat pencanangan atau kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak di Jakarta, Selasa (14/12).

Ia mencontohkan saat ini Menkes Budi Gunadi Sadikin yang baru pulang dari Tiongkok sudah melakukan karantina selama 10 hari. Dan tak ada pengecualian.

“Ini tanpa pengecualian, kenapa diubah jadi 10 hari, dengan situasi dari adanya varian baru maka kita harus berhati-hati,” kata Dante.

Menurutnya varian Omicron memiliki daya tular lebih besar sesuai rekomendasi WHO. Sehingga karantina diperpanjang jadi 10 hari.

“Jadi tidak ada pengecualiasn bagi seluruh warga negara asing maupun Indonesia yang baru beeprgian ke luar negeri harus menjalani karantina selama 10 hari,” ungkapnya.

Hingga saat ini sudah dijalankan lebih dari 10 ribu pemeriksaan Whole Genome Sequencing namun sampai saat ini belu terdeteksi adanya Omicron. Lalu apakah boleh karantina di rumah?

“Tidak ada yang khusus. Semua masuk ke dalam karantina yang sudah ditentukan karena pengawaannya lebih baik, isolasi lebih baik tidak di rumah tetapi di tempat-tempat karantina yang sudah ditentukan,” tegasnya.

  • Bagikan